Minggu, 04 September 2011

Pulang (Buku Remah-Remah Kehidupan)

"Wah, lo baca buku puisi, Bro?" tanyaku menggodanya, ketika melihat satu buku puisi di kamarnya. "Emang puisi ada gunanya?"

Temanku hanya menatapku sebentar, kemudian mengambil gitarnya, memainkan intro Still got the blues, Garry more dengan penuh perasaan tanpa menjawab pertanyaanku.

Sedikit menyesal aku karena menggodanya dengan pertanyaan itu, kuambil buku puisi yang tergeletak di meja bacanya. "Remah-Remah Kehidupan," judulnya. Halaman demi halaman mengajakku berkenalan dengan pribadi-pribadi anonim yang ada di dalamnya.

Melihat aku asyik membaca bukunya, temanku menghampiriku dan memberikan secangkir kopi. "Sudah dapat jawaban dari pertanyaanmu tadi?" tanya temanku sambil menghirup kopinya.

"Apaan? Still got the blues, maksud lo?" tanyaku sambil meledeknya lagi.

Dia tersenyum sebentar. "Dalam hidup ini, ada kalanya kita berjalan sangat jauh tanpa arah yang jelas, sampai akhirnya kita lupa jalan pulang. Nah, puisi, dapat menuntun kita untuk kembali pulang."

Gila temanku ini! Serius banget orangnya. "Pulang kemana?" kembali aku menggodanya.

"Pulang kembali ke hati kita," jawabnya sambil tersenyum.

Aku balas tersenyum dan menganggukkan kepala pura-pura mengerti penjelasannya. Sabar sekali temanku ini menghadapi pertanyaanku yang menggodanya. Senang melihatnya tersenyum ketika membicarakan puisi.

Dia bangkit dan menyalakan televisi. Berita sore mengabarkan tiga orang ibu muda tertangkap mencuri susu formula di sebuah mini market.

Mungkin malam ini ketiga ibu muda itu tidak pulang kembali ke rumah untuk membuatkan susu bagi anak-anaknya.

Sedih membayangkan wajah anak-anak itu menantikan ibunya pulang.

 "Gua balik ah, Bro... Gua pinjem buku puisi lo ya..." kataku kepada temanku yang serius menonton berita di televisi.

"Jangan, Bro..." jawabnya cepat, "buku yang dipinjamkan biasanya ga bakalan pulang lagi. Mendingan lo cari aja deh di toko buku."



 Judul : Remah Remah Kehidupan, Penulis : Fidelis R. Situmorang, Penerbit : Sinar David, (92 halaman) ISBN : 987-602-98618-0-8




Tidak ada komentar:

Posting Komentar